Tips Menabung Bagi Karyawan

Kualitasku

4 Tips Menabung Bagi Karyawan Dengan Gaji Pas-Pasan

Kualitasku – Memiliki tabungan adalah investasi paling baik yang bisa dilakukan semua orang. Baik bagi karyawan dengan gaji tinggi atau dengan gaji pas-pasan sekalipun. Dengan 4 tips menabung bagi karyawan dengan gaji pas-pasan berikut ini, maka tidak ada alasan lagi.

Tidak ada lagi penolakan hanya karena gaji yang tidak terlalu besar. Tabungan itu, sifatnya harus dan mutlak. Kenapa? Sebab, kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan, bukan? Untuk itu, simak kiat sukses menabung di bawah ini, ya!

Baca Juga: Tips Wajah Pria Bebas Masalah

1. Pisahkan Uang Gaji

Sadar tidak jika keinginan untuk berbelanja dan menghabiskan uang sangat tinggi jika kita sudah gajian? Nah, meminimalisir resiko, maka jangan sampai anda menyatukan semua uang gaji.

Cobalah dipisahkan. Setidaknya, pisah antara uang keperluan harian dengan uang tidak terduga atau uang tabungan. Selama anda bekerja, pastinya anda sudah tahu berapa saja pengeluaran yang diperlukan sehari-hari, kan?

Nah, cobalah memisahkan kebutuhan tersebut sisakan sedikit untuk keperluan mendadak dan tabungan. Jika anda masih melihat ada banyak uang, percayalah anda akan berusaha menghabiskannya.

2. Pencatatan Pengeluaran

Memang, tidak setiap hari harus mencatat apa saja yang sudah anda beli. Berapa saja uang yang sudah anda belanjakan.

Namun, alangkah lebih baiknya jika anda memiliki catatan pengeluaran. Untuk apa? Tentu ini berguna agar anda tahu seberapa banyak sebenarnya hal-hal yang tidak terlalu penting yang telah dibeli. Sehingga, kedepannya anda bisa meminimalisir pengeluaran dengan tidak membelinya lagi.

Catatan pengeluaran ini juga bisa menjadi sebuah “alarm”. Yakni pengingat, sebanyak apa uang yang telah anda habiskan. Masih tanggal berapa? Jangan sampai masih beberapa minggu sebelum gajian uang anda sudah berkurang hampir separuh.

3. Meminimalisir Jajan

Jajanan ini memang salah satu cobaan terberat. Dimana banyak orang yang sering kehabisan uang atau malah terjebak hutang hanya karena masalah jajanan. Memang, hobi ngemil itu sulit dikendalikan.

Namun, jika anda bertekad pasti bisa mengatasi hal ini. Ada cara sederhana sebenarnya untuk mengatasi keinginan jajan ini.

Jika anda merasa ingin jajan, coba ingat kapan terakhir kali makan? Atau kapan terakhir kali minum? Terkadang anda hanya dehidrasi alias kurang cairan. Sehingga, tubuh menganggapnya sebagai sinyal ingin jajan.

4. Jauhi Jebakan Diskon dan Promo Belanja

Hal lainnya yang diperlukan agar tetap bisa menabung adalah menghindari jebakan diskonan. Jangan sampai tergiur dan malah berbelanja tanpa berpikir panjang hanya karena jebakan diskon dan promo.

Kenapa dinyatakan sebagai jebakan diskon? Sebab, anda akan tertarik membeli lebih banyak dari kebutuhan yang sesungguhnya hanya karena diskonan.

Baca Juga: Gaya Hidup Remaja Jaman Sekarang

Setelah mengetahui kiat menabung bagi karyawan dengan gaji pas-pasan diatas, seharusnya anda sudah bisa mulai menabung, bukan? Jangan sampai terlalu boros untuk berbelanja terus-menerus ya.

Written by